Aplikasi Ini Dukung Kemajuan Pemasaran Produk UMKM
Aplikasi Ini Dukung Kemajuan Pemasaran Produk UMKM

Aplikasi Ini Dukung Kemajuan Pemasaran Produk UMKM

Sebagai pilar penting untuk ekonomi di Indonesia, UMKM memberi kontributor penting dalam perbaikan perekonomian Indonesia karena imbas dari wabah Covid-19. Tetapi, aktor UMKM juga banyak yang penting menyesuaikan dengan lakukan alih bentuk ke digital.

Kemenkominfo juga memberi dorongan untuk aktor UMKM supaya bisa selekasnya berpindah ke digital hingga proses transaksi bisnis jalan secara lancar dan pemasaran bertambah karena dunia digital dapat mencapai calon customer tanpa batas.

Tapi, banyak pula aktor UMKM yang tetap tidak pahami bagaimana lakukan marketing digital, dan aplikasi apa yang dapat menolong tingkatkan pemasaran produk yang dipasarkan supaya lebih efisien.

Bila kamu satu diantaranya, kamu tak perlu kebingungan karena dalam pembahasan ini ada daftar aplikasi yang bermanfaat untuk aktor UMKM. Baca selanjutnya, ya!

Trello

Aplikasi simpatisan yang penting kamu ambil yakni Trello. Aplikasi ini sediakan feature to do daftar dan kamu dapat bekerja sama orang lain tanpa perlu bertatap muka.

Aplikasi Trello sediakan feature yang berguna untuk menulis poin utama seperti papan catat besar yang dapat disaksikan oleh tim atau rekanan UMKM kamu hingga kamu dapat lakukan dialog secara lancar lewat feature yang ada.

Google Drive

Sepanjang jalani usaha, kamu akan membuat beberapa content, banyak memiliki data penghitungan pemasaran, dan arsip yang lain yang terkait dengan usahamu hingga kamu memerlukan kemampuan penyimpanan yang lumayan besar.

Ingat USB gampang hancur, kamu dapat pakai Google Drive yang dapat memuat banyak data. Disamping itu, kamu dapat akses Google Drive di mana saja kamu ada tanpa perlu repot sepanjang kamu memakai koneksi internet.

Canva

Aplikasi yang dipakai untuk design grafis ini benar-benar pas untuk membuat suatu content sepanjang aktivitas marketing. Kamu dapat ambil Canva yang sediakan beragam komponen yang dapat dipakai supaya content kamu makin menarik.

Kamu bisa juga pilih beragam ukuran sama sesuai keperluan kamu hingga content yang dibuat kelihatan makin menarik.

Digital pemasaran

Digital pemasaran akan efisien bila kamu memakai sosial media sepanjang proses lakukan marketing. Karena, trend pemakai sosial media makin bertambah hingga kamu dapat mencapai calon customermu lebih gampang.

Kamu dapat pakai sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan yang lain. Kamu perlu kerjakan penelitian untuk ketahui sosial media yang mana pas lewat produk berjualanmu.

Marketplace

Seterusnya, kamu dapat pakai marketplace sebagai media untuk mengupload beragam produk yang kamu jual. Kemudian, kamu dapat lakukan marketing secara mudah dan memakai beragam feature yang ada untuk tingkatkan pemasaran.

Ada beragam marketplace yang dapat kamu ambil dengan gratis seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan yang lain. Kamu dapat pakai marketplace yang sesuai tipe produk yang kamu jual.

JPHub

Dalam memberikan dukungan digitalisasi UMKM supaya ekonomi kembali sembuh, pemerintahan lakukan beragam usaha seperti membuat aplikasi yang dapat dipakai oleh UMKM.

Berdasar info dari Kominfo yang dikutip dari Tehnologi Usaha, ini diwujudkankan lewat aplikasi yang namanya JPHub atau Jaringan Pariwisata yang dapat percepat proses UMKM lakukan promo di marketplace.

Disamping itu, JPHub tersambung dengan aplikasi pembayaran cashless yang namanya QRIS. Hingga kamu tak perlu kesusahan memakai uang kertas saat bayar transaksi bisnis.

Kamu dapat ambil semua aplikasi yang sudah disebut barusan hingga proses transaksi bisnis dan pemasaran online untuk aktor UMKM dapat jalan secara lancar.